Our Caring Team

SAKIT MISTERIUS ITU BERNAMA TRIGEMINAL NEURALGIA

Nyeri Gigi Yang Tak Kunjung sembuh


Bahagia tak terhingga dirasakan Robby Hermanus beserta istri. Bagaimana tidak, di tengah kebingungan mencari pengobatan untuk nyeri giginya yang tak kunjung sembuh, Robby mendapatkan saran dari temannya untuk berobat ke Surabaya. Beruntung sekali pada akhirnya Robby tahu bahwa sakit yang dialaminya bernama Trigeminal Neuralgia atau disingkat TN, yang terjadi karena persentuhan saraf nomor lima dengan pembuluh darah kecil di sekitar batang otak. Dengan penjelasan yang gambling dan menenangkan, Robby pun siap untuk dioperasi.

Kisahnya berawal di tahun 2016, ia mempunyai pengalaman yang tak bisa dilupakan sepanjang hidupnya, ketika tiba-tiba pipi kirinya terasa sakit. “Saya kira mungkin karena gigi saya, tapi dokter gigi mengatakan gigi saya baik-baik saja.” tutur ayah tiga orang anak asal Kupang, NTT itu. Sakit pipi yang awalnya cekot-cekot biasa, makin lama makin luar biasa sakitnya seperti disetrum, bahkan disayat dengan pisau. Robby dan istri mengaku khawatir karena tiap hari makin parah. “Ketika sakit itu datang menyerang, jangankan mengunyah makanan, bagian pipinya tersentuh sedikit saja rasa sakit sudah tak tertahankan”, kenangnya.

Pengusaha ekspedisi tersebut juga mencari pengobatan ke alternatif tusuk jarum. Namun kekecewaan kembali dirasakannya karena meski wajahnya sudah ditusuk jarum namun tetap saja nyeri hebat tak kunjung sirna. Robby pun bertolak ke Singapore dengan anggapan di luar negeri akan mendapatkan solusi yang tepat, lagi-lagi suami Tjong Reni itu pun harus kecewa karena disana tidak juga bisa menemukan sumber sakitnya.

Kini Robby sekeluarga bisa menikmati hari-harinya dan terbebas dari nyeri yang sangat mencekam ini, bahkan sejak sembuh, pria 65 tahun itu terus berusaha menyampaikan kepada siapapun tentang pengalaman berharga ini, ia yakin masih banyak orang yang merasakan sakit yang sama namun tidak mengetahui harus berobat kemana.