Our Caring Team

Penderita Tumor Kepala Lolos dari Kebutaan

Ny. Amelia Genial Penderita Tumor Kepala Lolos dari Kebutaan dengan Operasi Lewat Alis Mata

Raut wajah Amelia Genial (50) terlihat bahagia, menebar senyum dan setiap tutur kata selalu mengucapkan syukur kepada Tuhan. Sangat dimaklumi, lantaran saat ini dia sudah sembuh dan lolos dari ancaman kebutaan akibat tumor di dalam otaknya.    

Wanita yang tinggal di Palangkaraya ini layak berbahagia, usai menjalani operasi pengangkatan tumor September 2016 lalu. Operasi itu berhasil dan sukses, kini dia sudah mulai bisa menjalani kehidupan sehari-sehari bebas dari penderitaan yang cukup lama.    

“Meski terbilang terlambat, tapi saya bersyukur masih bisa tertolong, karena kalau terlambat bisa jadi kedua mata saya tidak bisa melihat lagi,“ kata Amelia. Gejala sakit ini sudah dirasakan sekitar empat atau lima tahun silam.  Ia mulai merasakan pandangan mata sebelah kirinya tidak enak, seperti ada yang mengganjal di kelopak mata.   Amelia merasakan pandangannya tertutup bayang-bayang melintang dari mata sisi kiri ke kanan.

“Tidak terasa sakit sih, tapi merasa tidak nyaman saja,” kisahnya. Karena tidak merasa mengganggu maka ia abaikan saja dan beranggapan bahwa gejala ini bukan ancaman serius. “Anak-anak saya menyarankan segera periksa ke dokter mata, tapi saya cuek dan saya pikir saat itu paling suatu saat hilang sendiri,” imbuhnya.     

Ternyata gangguan itu makin lama makin parah, sehingga dia datang ke seorang dokter  spesialis mata, tetapi dokter tidak menemukan penyebabnya, padahal keluhan pada matanya sudah sangat mengganggu, dokter yang lain menganjurkan foto MRI otak.  Dari hasil MRI itulah akhirnya diketahui bahwa di pangkal saraf mata yang ada di dasar tengkorak tumbuh tumor cukup besar.“ Tumor tersebutlah yang diduga menjadi pemicunya.    

Benjolan tumor itu menekan saraf, Kendati mengalami tumor otak yang serius, namun Amelia berusaha tenang dan tetap optimistis bahwa penyakit yang diderita itu bisa disembuhkan. Setelah melakukan pencarian, ia mendapat informasi ada dr. Agus C. Anab, SpBS, dokter yang biasa menangani operasi tumor otak, dan satu tim dengan dr. M. Sofyanto, SpBS yang tergabung di Comprehensive Brain and Spine Center (CBSC) Surabaya.